Jumat, 03 Januari 2014

PENDISTRIBUSIAN




A. Pengertian 

Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampaian produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai ( jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat ) dengan yang diperlukan.

B.  Proses pendistribusian

Proses pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang mampu :

~ menciptakan nilai tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran ( marketing function )

~ memperlancar arus saluran pemasaran (marketing channel flow ) secara fisik dan nom fisik

C.   Sistem Distribusi

Secara umum sistem distribusi dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu :

1.Sistem distribusi langsung

Tipe saluran distribusi langsung menggunakan satu atau berbagai perantara untuk sampai ke konsumen. Dapat berbentuk :

~ Sistem pendistribusian konvensional ( tradisional)

Sistem pendistribusian konvensional menggunakan perrantara yang independen dari pengendalian produsen. Sistem ini dapat menciptakan konflik apabila ada perbedaan pendapat atau perbedaaan kepentingan. 

~Sistem pemasaran vertical ( vertical marketing system )

Sistem pemasaran vertical dapat dilakukan melalui cara :
Administrasi
Kontraktual
Korporasi

2. Sistem distribusi tidak langsung

Tipe saluran distribusi tidak langsung tidak menggunakan perantara yang independen. Produsen ( dapat menggunakan agen penjual ) langsung kepada konsumen.

Sistem distribusi langsung umumnya  digunakan pada sistem:

~Direct order ( pelanggan dapat memesan langsung kepada penjual memalui surat, telepon, atau bentuk komunikasi lain )

~Direct relationship marketing ( bentuk pemasaran yang mendasarkan pada respon individual pelanggan )

D. Lembaga saluran distribusi

Lembaga saluran distribusi, perantara (middleman, intermediary) atau penyalur (distributor) adalah individu, atau lembaga organisasi yang melakukan seluruh atau sebagian kegiatan penyampaian barang dari produsen ke konsumen.

Lembaga saluran distribusi meliputi lembaga utama dan lembaga penunjang. Lembaga utama dapat dibedakan antara perantara pedagang penunjang dan perantara agent. Lembaga penunjang meliputi lembaga pengawasan transportasi, pembungkusan, pergudangan, asuransi, periklanan, dan lembaga keuangan.

E.   Rantai saluran distribusi produk konsumen 

~Produsen

~Agen

~Pedagang besar

~Pengecer

~Konsumen



Analisis :

Distribusi yang efektif akan memperlancar arus atau akses barang oleh konsumen sehingga dapat diperoleh kemudahan memperolehnya. Disamping itu konsumen juga akan dapat memperoleh barang sesuai dengan yang diperlukan.
Produsen dan konsumen mempunyai kesenjangan sosial, waktu, nilai, keragaman, dan kepemilikan produk karena perbedaan tujuan serta persepsi masing-masing. Dengan distribusi dapat diatasi kesenjangan antara produsen dan konsumen.



Sumber :

Buku Dasar Pemasaran oleh Teguh Budiarto Universitas Gunadarma



Tidak ada komentar:

Posting Komentar