A. Pengertian
Pendistribusian
adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah
penyampaian produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga
penggunaannya sesuai ( jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat ) dengan yang
diperlukan.
B. Proses
pendistribusian
Proses
pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang mampu :
~
menciptakan nilai tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran ( marketing
function )
~
memperlancar arus saluran pemasaran (marketing channel flow ) secara fisik dan
nom fisik
C.
Sistem Distribusi
Secara
umum sistem distribusi dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu :
1.Sistem
distribusi langsung
Tipe
saluran distribusi langsung menggunakan satu atau berbagai perantara untuk
sampai ke konsumen. Dapat berbentuk :
~
Sistem pendistribusian konvensional ( tradisional)
Sistem
pendistribusian konvensional menggunakan perrantara yang independen dari
pengendalian produsen. Sistem ini dapat menciptakan konflik apabila ada
perbedaan pendapat atau perbedaaan kepentingan.
~Sistem
pemasaran vertical ( vertical marketing system )
Sistem
pemasaran vertical dapat dilakukan melalui cara :
Administrasi
Kontraktual
Korporasi
2.
Sistem distribusi tidak langsung
Tipe
saluran distribusi tidak langsung tidak menggunakan perantara yang independen.
Produsen ( dapat menggunakan agen penjual ) langsung kepada konsumen.
Sistem
distribusi langsung umumnya digunakan
pada sistem:
~Direct
order ( pelanggan dapat memesan langsung kepada penjual memalui surat, telepon,
atau bentuk komunikasi lain )
~Direct
relationship marketing ( bentuk pemasaran yang mendasarkan pada respon
individual pelanggan )
D. Lembaga
saluran distribusi
Lembaga
saluran distribusi, perantara (middleman, intermediary) atau penyalur
(distributor) adalah individu, atau lembaga organisasi yang melakukan seluruh
atau sebagian kegiatan penyampaian barang dari produsen ke konsumen.
Lembaga saluran distribusi meliputi lembaga
utama dan lembaga penunjang. Lembaga utama dapat dibedakan antara perantara
pedagang penunjang dan perantara agent. Lembaga penunjang meliputi lembaga
pengawasan transportasi, pembungkusan, pergudangan, asuransi, periklanan, dan
lembaga keuangan.
E.
Rantai saluran distribusi produk konsumen
~Produsen
~Agen
~Pedagang
besar
~Pengecer
~Konsumen
Analisis
:
Distribusi
yang efektif akan memperlancar arus atau akses barang oleh konsumen sehingga
dapat diperoleh kemudahan memperolehnya. Disamping itu konsumen juga akan dapat
memperoleh barang sesuai dengan yang diperlukan.
Produsen
dan konsumen mempunyai kesenjangan sosial, waktu, nilai, keragaman, dan
kepemilikan produk karena perbedaan tujuan serta persepsi masing-masing. Dengan
distribusi dapat diatasi kesenjangan antara produsen dan konsumen.
Sumber
:
Buku
Dasar Pemasaran oleh Teguh Budiarto Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar