A. Pengertian pemasaran internasional
Pemasaran
Internasional adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas-batas lebih
dari satu Negara.
Pemasaran
global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi pemasaran (global),
pasar (global), maupun produk (global) yang sama (standar) di berbagai Negara.
A. Tahap
menjadi pemasar Internasional
1.No
foreign marketing
Perusahaan
sudah berhubungan dengan Dunia International tetapi bukan karena inisiatif atau
belum ada usaha xendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri. Produk
perusahaan beredar di pasarInternational karena pesanan dari luar negeri,
pelanggan asing datang ke perusahaan, atas usaha pihak eksportir.
2.
infrequent foreign marketing
Perusahaan
mulai memasarkan sendiri ke pasar luar ngeri tetapi hanya kalau mempunyai
surplus produksi. Apabila pasra domestic masih mampe mnyerapnya, kegiatan ini
ditinggalkan. Apada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya
untuk pasar international.
3.
regular foreign marketing
Produsen
sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing.
Dipasarkan sendiri atau melalui penyalur domestic maupun distributo asing.
Tujuannya memang melakukan ekspansi pasra domestic dengan sudah mulai berusaha
memahami kebutuhan maupun keinginan pasar internasional.
4.
global marketing operations
Pada
tahap ini, produsen benar-benar terlibat dengan dunia internasional secara
global. Kegiatannya tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi sudah
merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing di pasar dunia.
B. Langkah-
langkah memasuki pasar internasional
1.
Analisis lingkungan internasional
2.
Penetapan tujuan dan kebijakan
3.
Sasaran pasar internasional
4.
Strategi pemasaran internasional
5.
Program pemasaran
6.
Organisasi pemasaran
7.
Evalusi dan Pengendalian
C.
Promosi Internasional
Alternative
untuk melakukan promosi di pasar internasional adalah periklanan, promosi,
penjualan, personal selling, dan publisitas. Persoalan utama yang dialami
adalah pilihan untuk promosi standar atau adaptasi.
Beberapa faktor yang
menentukan rancangan tersebut adalah peraturan pemerintah lokal, bahasa,
cultural, media, produksi, dan pembatasan lainnya.
Strategi
kombinasi antara produk dan promosi internasional adalah :
1.
Perluasan langsung
2.
Adaptasi komunikasi
3.
Adaptasi produk
4.
Adaptasi majemuk
5.
Invensi produk
Analisis
:
Program
pemasaran internasional yang meliputi produk, promosi, harga, dan distribusi,
menyangkut pertimbangan antara persoalan standarisasi dan adaptasi terhadap kehidupan
Negara tujuan.
Sumber
:
Buku
dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar