Jumat, 03 Januari 2014

PEMASARAN INTERNASIONAL





A. Pengertian pemasaran internasional

Pemasaran Internasional adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas-batas lebih dari satu Negara.

Pemasaran global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis  (global) dengan strategi pemasaran (global), pasar (global), maupun produk (global) yang sama (standar) di berbagai Negara.

A. Tahap menjadi pemasar Internasional

1.No foreign marketing

Perusahaan sudah berhubungan dengan Dunia International tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha xendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri. Produk perusahaan beredar di pasarInternational karena pesanan dari luar negeri, pelanggan asing datang ke perusahaan, atas usaha pihak eksportir.

2. infrequent foreign marketing

Perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar ngeri tetapi hanya kalau mempunyai surplus produksi. Apabila pasra domestic masih mampe mnyerapnya, kegiatan ini ditinggalkan. Apada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar international.

3. regular foreign marketing

Produsen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing. Dipasarkan sendiri atau melalui penyalur domestic maupun distributo asing. Tujuannya memang melakukan ekspansi pasra domestic dengan sudah mulai berusaha memahami kebutuhan maupun keinginan pasar internasional.

4. global marketing operations

Pada tahap ini, produsen benar-benar terlibat dengan dunia internasional secara global. Kegiatannya tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing di pasar dunia.


B.  Langkah- langkah memasuki pasar internasional

1. Analisis lingkungan internasional

2. Penetapan tujuan dan kebijakan

3. Sasaran pasar internasional

4. Strategi pemasaran internasional

5. Program pemasaran

6. Organisasi pemasaran

7. Evalusi dan Pengendalian


C.   Promosi Internasional

Alternative untuk melakukan promosi di pasar internasional adalah periklanan, promosi, penjualan, personal selling, dan publisitas. Persoalan utama yang dialami adalah pilihan untuk promosi standar atau adaptasi.

Beberapa faktor yang menentukan rancangan tersebut adalah peraturan pemerintah lokal, bahasa, cultural, media, produksi, dan pembatasan lainnya. 

Strategi kombinasi antara produk dan promosi internasional adalah :

1. Perluasan langsung

2. Adaptasi komunikasi

3. Adaptasi produk

4. Adaptasi majemuk

5. Invensi produk



Analisis :

Program pemasaran internasional yang meliputi produk, promosi, harga, dan distribusi, menyangkut pertimbangan antara persoalan standarisasi dan adaptasi terhadap kehidupan Negara tujuan. 


Sumber :

Buku dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar