Jumat, 03 Januari 2014

HUTANG OBLIGASI




A. Pengertian Hutang obligasi

Hutang obligasi adalah surat hutang yang berisikan janji tertulis untuk membayar sejumlah uang pada waktu yang terlah ditentukan dengan disertai dengan pembayaran bunga secra berkala dengan jumlah yang 
telah ditentukan.

B.  Penentuan harga pasar obligasi

Penentuan harga pasar obligasi adalah tergantung oleh  :

1. Ketika perusahaan (debitur) menerbitkan obligasi, harga dimana pembeli (kreditur ) bersedia untuk membayarnya, tergantung pada :

a. nilai nominal obligasi
b. bunga yang akan dibayar atas hutang
c. tingkat suku bunga pasar
d. lamanya umur obligasi

2. Nilai nominal obligasi

Nilai nominal obligasi mencerminkan jumlah yang terhutang pada saat obligasi jatuh tempo. Tingkat suku bubga nominal ini digunakan untuk menentukan besarnya jumlah  bunga yang akan dibayarkan oleh debitur / penerbit obligasi kepada kreditur secara berkala.

3. Tingkat suku bunga pasar

Tingkat suku bunga pasar adalah tingkat suku bunga yang diminta oleh kreditur atas sejumlah dana yang dipinjamkan kepada debitur. Tingkat suku bunga pasar ini selalu terfluktuasi yang dimana besarnya dipengaruhi oleh faktor-faktor :

a. Ekspetasi kreditur
b. Kinerja keuangan debitur
c. Perkembangan kondisi ekonomi regional / global

4. Nilai sekarang dan nilai nominal obligasi

Nilai sekarang dari nominal obligasi merupakan ilai hari ini atas jumlah yang akan diterima kreditur pada saat obligasi jatuh tempo.

5. nilai sekarang dari bunga obligasi

Nilai sekarang dari bunga obligasi merupakan nilai hari ini atas jumlah yang akan diterima kreditur pada setiap akhir interval periode bunga. Serangkaian penerimaan bunga dalam beberapa interval periode dinamakan ANUITAS.

C.   Keuntungan mengeluarkan obligasi

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dalam mengeluarkan obligasi adalah sbb :

1.Pemegang obligasi (bonds holders) tidak dapat mengatur jalannya perusahaan.

2. Biaya bunga yang dikeluarkan relative lebih kecil dari bunga saham

3. Earning per Share (EPS) lebih tinggi dibandingkan perusahaan mengeluarkan saham


D. Metode pencatatan obligasi

Metode pencatatan obligasi adalah sbb :

1. Hutang obligasi dicatat sebesar nilai nominal obligasi yang terjual

2. Hutang obligasi dicatat sebesar nilai nominal obligasi yang diterbitkan


E.   Aturan penempatan obligasi pada perusahaan

Aturan penempatan obligasi pada perusahaan adalah sbb:

1.Tunai

Tunai adalah harga penempatan obligasi dapat ditentukan berdasarkan kurs yang berlaku atau berdasarkan tingkat bunga efektif rata-rata yabng diinginkan investor.

2. Ditukar dengan aktiva tetap/surat berharga lain

Apabila harga pasarnya tidak diketahui, maka harga penempatan obligasi didasarkan pada harga pasar / harga taksiran aktiva tetap / surat berharga lain yang diperoleh.


F.   Prosedur amortisasi obligasi

Prosedur amortisasi obligasi adalah sbb :

1.Premium obligasi

Premium obligasi adalah selisish lebih antara hasil bersih penempatan obligasi dengan nominalnya

2. Diskon onligasi

Diskon obligasi adalah selisih kurang antara hasil bersih penempatam obligasi dengan nilai nominalnya



Analisis :

Obligasi termasuk dalam kategori wesel bayarberbunga, dimana memerlukan pembayaran bunga secara berkala dan nilai nominalnya akan dibayarkan setahun dua kali atau satu kali
Harga jual obligasi dinyatakan dalam prosentase tertentu dari nominalnya yang disebut dengan kurs


4 komentar:

  1. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

    Apakah Anda membutuhkan kredit yang urg?

    Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Long term payback (1-30) Long
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah
    Anda mungkin mengharapkan jawaban kurang dari 24 jam
    Pembaharuan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli sedikit atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah Anda dan kami adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mendapatkan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk bisnis anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

    E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter resmi: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favor
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silahkan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat bekerja:

    9) Penghasilan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  2. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu berlaku dari perusahaan pinjaman karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang ingin menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena karina ronad telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakinlah, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman. Jika Anda memerlukan pinjaman online, lamar dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

    BalasHapus
  3. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  4. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus