A. Pengertian
Harga
Harga
adalah nilai pertukaran atas manfaat produk ( bagi konsumen maupun produsen )
yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter ( rupiah, dollar, yen, rupee, dll)
B. Fungsi
Harga
Bagi
Perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai :
~
sumber pendapatan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen (
harga diatas biaya- biaya produk memberikan keuntungan bagi Perusahaan )
~
pengendali tingkat permintaan dan penawaran ( terutama bila bersifat elastic,
permintaan akan meningkat jika harga turun, dan sebaliknya )
~
mempengaruhi program pemasaran dan fubgsi-fungsi bisnis lainnya bagi
perusahaan. Harga dapat berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk (
pergeseran orientasi, kualitas, atau citra produk ), distribusi ( mengendalikan
intensitas distribusi ) atau promosi 9diskon, obral, hadiah, dll)
~
mempengaruhi sikap konsumsi dan pendapatan masyarakat (harga rendah dapat
meningkatkan konsumsi masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat akan
mempengaruhi perilaku konsumennya )
C.
Faktor
penentu harga
~ Faktor
Internal
Tujuan
pemasaran ( biaya, penguasaan pasar, dan usaha )
Strategi
marketing mix ( aspek harga, dan non harga )
Organisasi
( struktur, skala, dan tipe )
~faktor
eksternal
Elastisitas
permintaan dan kondisi persaingan pasar
Harga
pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
Lingkungan
eksternal yang lain, lingkungan mikro ( pemasok, penyalur, asosiasi dan masyarakat ) maupun lingkungan
makro (pemerintah, cadangan sumberdaya, keadaan sosial, dsb )
D. Tahap
penentuan harga
Terutama
untuk produk baru, penentuan harga perlu melalui prosedur beberapa langkah
sebagai berikut :
~
memilih tujuan dan orientasi harga
~
memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
~
memperkirakan biaya dan perilakunya
~
malakukan analisis perilaku pesaing
~
menentukan strategi harga
~
menyesuaikan harga akhir
E.
Tujuan harga
Secara
umum, tujuan penentuan harga akan mempertimbangkan batasan- batasannya, yaitu :
~
perusahaan yang mempertimbangkan b iaya akan bertujuan untuk mengendalikan
keuntungan atau sekedar hanya untuk
menutup biaya.
~
perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasra akan bertujuan untuk
mengendalikan ( memperluas maupun hanya untuk mempertahankan ) penjualan atau
market share
~
perusahaan yang mempertimbangkan persaingan harga akan bertujuan untuk
mengendalikan ( mengatasi atau menghindari ) persaingan.
Analisis
:
Harga
berubah atau dirubah tidaklah tanpa batas. Penentuan harga terbatasi oleh
permintaan ( customer demand), biaya (cost) , maupun persaingan ( competition)
Posisi
atau tingkat harga akan bergerak berfluktuasi dalam ruang gerak persaingan
mengikuti kekuatan pesaing yang lebih besar. Akan tetapi perubahannya tidak
akan sampai melebihi batas harga tertinggi dari permintaan pasar (batas atas)
maupun tidak akan lebih rendah dari biaya yang ditanggung produsen (batas
bawah).
Sumber
:
Buku
Dasar Pemasaran oleh TEGUH BUDIARTO Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar