Jumat, 03 Januari 2014

HARGA




A. Pengertian Harga

Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk ( bagi konsumen maupun produsen ) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter ( rupiah, dollar, yen, rupee, dll)

B.  Fungsi Harga 

Bagi Perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai :
 
~ sumber pendapatan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen ( harga diatas biaya- biaya produk memberikan keuntungan bagi Perusahaan )

~ pengendali tingkat permintaan dan penawaran ( terutama bila bersifat elastic, permintaan akan meningkat jika harga turun, dan sebaliknya )

~ mempengaruhi program pemasaran dan fubgsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan. Harga dapat berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk ( pergeseran orientasi, kualitas, atau citra produk ), distribusi ( mengendalikan intensitas distribusi ) atau promosi 9diskon, obral, hadiah, dll)

~ mempengaruhi sikap konsumsi dan pendapatan masyarakat (harga rendah dapat meningkatkan konsumsi masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat akan mempengaruhi perilaku konsumennya )

C.    Faktor penentu harga

~ Faktor Internal 

Tujuan pemasaran ( biaya, penguasaan pasar, dan usaha )
Strategi marketing mix ( aspek harga, dan non harga )
Organisasi ( struktur, skala, dan tipe )

~faktor eksternal 

Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar
Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro ( pemasok, penyalur,  asosiasi dan masyarakat ) maupun lingkungan makro (pemerintah, cadangan sumberdaya, keadaan sosial, dsb )

D. Tahap penentuan harga

Terutama untuk produk baru, penentuan harga perlu melalui prosedur beberapa langkah sebagai berikut :

~ memilih tujuan dan orientasi harga
~ memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
~ memperkirakan biaya dan perilakunya
~ malakukan analisis perilaku pesaing
~ menentukan strategi harga
~ menyesuaikan harga akhir

E.   Tujuan harga

Secara umum, tujuan penentuan harga akan mempertimbangkan batasan- batasannya, yaitu :

~ perusahaan yang mempertimbangkan b iaya akan bertujuan untuk mengendalikan keuntungan atau  sekedar hanya untuk menutup biaya.

~ perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasra akan bertujuan untuk mengendalikan ( memperluas maupun hanya untuk mempertahankan ) penjualan atau market share

~ perusahaan yang mempertimbangkan persaingan harga akan bertujuan untuk mengendalikan ( mengatasi atau menghindari ) persaingan.


Analisis :

Harga berubah atau dirubah tidaklah tanpa batas. Penentuan harga terbatasi oleh permintaan ( customer demand), biaya (cost) , maupun persaingan ( competition)
Posisi atau tingkat harga akan bergerak berfluktuasi dalam ruang gerak persaingan mengikuti kekuatan pesaing yang lebih besar. Akan tetapi perubahannya tidak akan sampai melebihi batas harga tertinggi dari permintaan pasar (batas atas) maupun tidak akan lebih rendah dari biaya yang ditanggung produsen (batas bawah).



Sumber :

Buku Dasar Pemasaran oleh TEGUH BUDIARTO Universitas Gunadarma



Tidak ada komentar:

Posting Komentar