Senin, 21 Oktober 2013

sejarah akuntansi


SEJARAH AKUNTANSI

Pada dasarnya Akuntansi berkembang dari tata buku berpasangan (double entry system) yang pertama kali diperkenalkan di Italia pada Tahun 1494. Tokoh yang mempublikasikan sistem tersebut pertama kali adalah seorang ahli ilmu pasti berkebangsaan Italia,yaitu Lucas Paciolo,pada tahun 1494, dalam bukunya yang berjudul Summa de arithmatica, Geometrica, Proportion et proportional. Dalam buku ilmu pasti tersebut, salah satu bagian berisi pengetahuan Akuntansi dengan judul Tractatus de Computis et Scriptorio. Ternyata Lucas Paciolo ini merupakan orang pertama yang menulis pelajaran akuntansi, maka para penganutnya menyebutnya bapak akuntansi.

Antara pertengahan abad ke-18 sampai abad ke -19. Setelah revolusi Industri mengakibatkan terjadinya perkembangan di bidang sosial ekonomi,serta perdagangan. Akhirnya akuntansi tidak hanya berkembang di Eropa, tetapi juga sampai di daratan Amerika yang terkenal dengan sistem anglo sexon. Dengan makin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan maka akuntansi berkembang menjadi suatu sistem informasi yang sangat berguna  bagi manajemen dan dengan makin berkembangnya teknologi, maka sekarang dikenal dengan istilah komputer akuntansi.


Analisis :

Kita harus mengetahui sejarah akuntansi, yang berkembang pada tahun 1494 yaitu oleh Lucas Paciolo, atau sering kita sebut sebagai Bapak akuntansi, sampai akhirnya beliau bisa mengembangkan akuntansi tersebut, dan seiring berjalannya wajktu,maka semakin meningkat atau berkembang, sehingga sekarang kita kenal computer akuntansi.



Sumber :

Buku Ekonomi SMA kelas XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar